Kamis, 29 November 2007

Dasar-Dasar SEO

Dasar-dasar SEO
Tulisan brokencode

Beberapa tahun lalu optimasi title dan keyword pada meta tag memegang peranan ‘terpenting’ pada Search Engine Optimization (SEO) tehnik. Hingga saat ini masih sebagian besar webmaster menganggap bahwa SEO hanya berkisar diantara title dan meta tags, meski persentase peranannya sangat kecil didalam algoritma search engine. Salah satu contoh penggunaan meta tag keyword yang telah diabaikan sama sekali oleh robot search engine Google. Alasan utama pengabaian meta tags tersebut adalah untuk menghindari Search Engine Results (SERPs) dari isi barisan-barisan situs spam yang tidak relevan.

Saat ini bagian terpenting dari sebuah halaman adalah text content pada body termasuk inbound links dan anchor text. Desain, struktur dan teknologi website sama pentingnya untuk mengoptimalisasi website.

Robots atau spiders dari search engine menjelajah source code sebuah halaman dan menyimpan hasilnya pada database. Robot mengikuti link yang terdapat pada sebuah halaman untuk diobok-obok (bahasa indonesianya crawl apa ya ?) juga. Si Robot hanya bisa ‘membaca’ text (tidak termasuk javascript, javaapplets, css, flash, framesets), namun tidak dapat menikmati gambar (kasian ya … ).

PERSIAPAN
Sebelum segala sesuatunya dimulai, pikirkan dahulu bagaimana Anda akan membuat sebuah website yang search engine friendly (SEF). Pertimbangkan desain, struktur website, navigasi dan internal link.

Saya menyarankan Anda untuk menghindari penggunaan ‘FRAME’ dan membatasi pemakaian Flash, Java applets, dan Javascripts. Selanjutnya tentukan KATA KUNCI terbaik untuk website Anda dengan melakukan riset (lirik-lirik situs tetangga atau saingan ). Pertimbangkan relevansi dengan situs dan jumlah pesaing pada kata kunci tersebut dan pastikan pemilihan kata kunci telah tepat untuk dapat membawa trafik kunjungan bahkan sale conversion.

Tidak ada komentar: